Header Ads

ads header

Breaking News

KB. 3 Hubungan Momen Gaya dan Momen Inersia serta Energi Kinetik Rotasi | Kelas XI Sem. 1


Untuk mendapatkan hubungan antara Momen Gaya (τ), Momen Inersia (I) dan Percepatan Sudut (α), maka kita dapat menganlogikan dengan menerapkan hukum Newton II translasi, yaitu :

𝐹 = 𝑚 .𝑎

𝐹 = 𝑚 .𝑎

𝐹 = 𝑚 .(𝑟.𝛼)

𝐹.𝑟 = 𝑚 .𝑟 (𝑟.𝛼)

𝐹.𝑟 = 𝑚 .𝑟2.𝛼


Diperoleh  :




Disebut  Hukum Newton II Gerak rotasi

Dimana :

τ    =  Momen Gaya (N.m)

I     =  Momen Inersia (kg.m2)

α    =  Percepatan Sudut (rad/s2)

Benda yang berputar pada poros nya memiliki suatu bentuk energi yang disebut energi kinetik rotasi (Ekrot). Persamaan energi kinetik rotasi ini dapat diturunkan dari konsep energi kinetik translasi.

Hukum Kekekalan Energi Mekanik pada Gerak Menggelinding  

Benda yang mengalami gerak menggelinding pasti terjadi pada lantai yang kasar, sehingga pada lantai tersebut bekerja gaya gesekan (fg). Pada kasus ini, gaya gesekan(fg) dapat dimasukkan dalam gaya yang terdapat pada dalam diri sistem gerak, sehingga akan berlaku Hukum Kekekalan Energi Mekanik, dengan memasukkan Ekrot sebagai variabel tambahan pada Energi Kinetik total. 

Hukum Kekekalan Momentum Sudut  

Hukum kekekalan momentum linier menyatakan bahwa jika pada suatu sistem tidak ada resultan gaya yang bekerja (ΣF = 0) momentum linier sistem adalah kekal (konstan). Pada gerak rotasi jika tidak ada resultan momen gaya/torsi  (Στ = 0) maka juga akan berlaku hukum kekekalan momentum sudut, 

Untuk materi selengkapnya, silahkan download link dibawah ini.

LKPD FISIKA XI ENERGI KINETIK

Tidak ada komentar