Header Ads

ads header

Breaking News

KB.6 Gerak Lurus 1 | Fisika X Sem. 1 KD 3.3

Assalamualaikum anak anak sekalian Berikut adalah Materi tentang Gerak lurus setelah mempelajari materi berikut diharapkan peserta didik dapat menyelesaikan masalah tentang jarak, perpindahan, kelajuan dan kecepatan ....

Jangan Lupa Berdoa sebelum Belajar .......😀💓

BAB III    

 GERAK LURUS



A.    Gerak Lurus Beratuan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan

               1.            Jarak dan Perpindahan

Jarak merupakan panjang lintasan sesunguhnya yang ditempuh oleh suatu benda dalam waktu tertentu. Aapun perpindahan  merupakan perubahan kedudukan suatu benda dalam waktu tertentu. Jarak tidak bergantung pada arah sehingga termasuk besaran skalar. Oleh karena itu jarak selalu bernilai positif.adapun perpindahan bergantung pada arah sehngga termasuk besaran vektor. Ole karena itu perpndahan dapat berilai positif atau negatif. Jika suatu benda bergerak dan kembal lagi ke kedudukan semula, dikatakan benda tdak berpindah. Dengan kata lain perpindahan benda sama dengan nol.

Contoh Soal :

              1.       Ucok berjalan dari titik A ke titik B sejauh 8 m, kemudian belok ke kanan sejauh 6 m dan berhenti di C. Total perjalanan yang ditempuh oleh Ucok adalah 8 meter ditambah 6 meter, yaitu 14 meter. Total perjalanan 14 m ini disebut jarak yang ditempuh Ucok. Berbeda dengan jarak, perpindahan Ucok adalah sebagai berikut. Posisi mula-mula Ucok di titik A dan posisi akhirnya dititik C yang besarnya dapat dihitung dengan menggunakan rumus phy-tagoras.


               2.            Kelajuan dan Kecepatan

Kelajuan merupakan besaran skalar sedangkan kecepatan merupakan besaran vektor. Kelajuan tidak memperhatikan arahgerak benda sedangkan kecepatan sebaliknya. Bisa dikatakan kecepatan adalah kelajuan benda yang memiliki arah.

 Kelajuan adalah cepat lambatnya perubahan jarak terhadap waktu dan merupakan besaran skalar yang nilainya selalu positif, sehingga tidak memedulikan arah. Kelajuan diukur dengan menggunakan spidometer. Kecepatan adalah cepat lambatnya perubahan kedudukan suatu benda terhadap waktu dan merupakan besaran vektor, sehingga memiliki arah.


Untuk Materi Selengkapnya dan latihan soal Silahkan Download pada link berikut  :

Semangat Belajar .

DOWNLOAD MATERI GERAK LURUS DISINI






Tidak ada komentar