Header Ads

ads header

Breaking News

GEJALA KUANTUM

 

A.      KONSEP FOTON

Kuantum cahaya atau foton merupakan paket-paket energi radiasi elektromagnetik. Konsep foton ini berasal dari para fisikawan yang berpendapat bahwa gelombang cahaya dianggap memiliki suatu partikel tidak bermassa yang disebut foton. Sebagai partikel yang bergerak apabila partikel memiliki energi. Foton merupakan partikel pembawa untuk semua bentuk radiasi elektromagnetik, termasuk :

·      Sinar gamma

·      Sinar X

·      Sinar UV

·      Cahaya yang terlihat

·      Cahaya inframerah

·      Gelombang mikro

·      Gelombang radio

Foton memiliki massa saat diam. Mereka selalu bergerak dengan kecepatan cahaya dalam ruang hampa. Foton memiliki spin sama dengan 1, dan karena itu merupakan boson, karena massanya saat diam adalah nol, heliksitas foton hanya bisa 1 atau -1, tetapi tidak 0. Foton dilambangkan dengan simbol .

Sifat gelombang dan kuantum foton adalah dua aspek yang dapat diamati dari fenomena yang sama. Sifatnya tidak dapat dijelaskan dalam model mekanika apa pun. Oleh karena itu, representasi sifat ganda cahaya ini, yang mengasumsikan bahwa energi terkonsentrasi pada titik-titik tertentu di muka gelombang, juga tidak mungkin. Konsep foton telah membawa kemajuan besar dalam fisika teoretis dan eksperimental. Sebagai contoh : laser, kondensat bose-einstein, teori medan kuantum dan interpretasi probabilistik mekanika kuantum. Ini telah diterapkan dalam fotokimia, dalam mikroskop resolusi tinggi dan dalam pengukuran jarak molekuler.

materi lebih lengkap silahkan buka di link berikut ini

 LKPD 3.8

Tidak ada komentar