Header Ads

ads header

Breaking News

KB. 1 | HUKUM OHM DAN RANGKAIAN HAMBATAN LISTRIK | Fisika XII Lintas Minat Semester 1


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari kegiatan belajar 1 ini, Anda diharapkan mampu:

  1. memformulasikan besaran-besaran listrik pada rangkaian sederhana (kuat arus, tegangan, dan hambatan);
  2. menganalisis hubungan antara tegangan dan kuat arus listrik pada Hukum Ohm;
  3. menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya hambatan listrik; dan
  4. menganalisis rangkaian hambatan listrik seri dan paralel.

 

B. Uraian Materi

Saat ini, banyak sisi kehidupan kita yang bergantung pada listrik. Untuk penerangan, kita memerlukan lampu yang ditenagai oleh listrik. Untuk menyimpan makanan, kita memiliki kulkas yang tersambung dengan listrik agar dapat menjaga makanan tetap dingin. Bahkan ketika kita menghibur diri dengan mengakses internet di handphone atau laptop, kedua perangkat tersebut harus diisi daya dulu dengan listrik. Sekarang, di kehidupan sehari-hari tidak mungkin tidak menggunakan listrik, betul tidak?

Nah, listrik yang kita gunakan sehari-hari namanya adalah listrik dinamis. Listrik yang umumnya kita manfaatkan dalam kehidupan adalah listrik dinamis. Ditinjau dari gerak muatannya, listrik dinamis adalah listrik dengan muatan bergerak. Muatan bergerak menyebabkan munculnya arus listrik. Arus listrik adalah aliran muatan listrik yang terjadi karena adanya perbedaan potensial dalam medan listrik. Beda potensial dapat dihasilkan oleh sumber tegangan yang mengakibatkan arus listrik mengalir dalam rangkaian.

Nah, untuk lebih jelasnya, Anda silahkan baca dan pahami dengan baik uraian materi lengkap tentang Hukum Ohm dan Rangkaian Hambatan Listrik pada tautan link di bawah ini:

Materi Lengkap Hukum Ohm dan Rangkaian Listrik

Tidak ada komentar